Alat yang digunakan untuk menerima masukkan data dan program yang akan
diproses di dalam computer. Berfungsi sebagai media untuk memasukkan
data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna
menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan
yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse,
keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna)
dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan
untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner,
untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat
dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat
melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke
dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan
data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah
dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke
dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance
input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem
komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan
untuk mengolah data yang dimasukkan.
Jadi Input device selain
digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan
program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi
dua yaitu :
Peratalan input langsung, yaitu input yang
dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard,
mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
Peralatan
input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu
input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket,
harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
Contoh alat device input :
a. Keyboard
digunakan
untuk memberikan masukan (input) ke dalam komputer, dimana masukan
(input) tersebut dapat berupa data atau perintah yang dimasukkan dengan
cara mengetikkannya langsung pada keyboard.
Keyboard merupakan unit
input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer.
Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta
sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang
diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan
pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington.
Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun
1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO
(International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini
berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa
jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
b. Mouse
Mouse
adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai
digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI
(Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device
mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan
pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga
tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan
tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung
(scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan
tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan
berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak
berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu
terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag)
yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil
digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin
ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua
kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click)
sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan
(right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse
ps/2, usb dan wireless.
c. Scanner
Scanner adalah alat
masukan yang dapat menyalin atau meng-copy gambar atau teks yang
kemudian hasilnya langsung dtampilkan melalui monitor komputer dan
selanjutnya gambar atau teks tersebut dapat ditambah, ditambah,
dimodifikasi sesuai keinginan pengguna, dan dapat disimpan ke dalam
harddisk dan media penyimpanan lainnya, dalam format file teks, dokumen,
dan gambar. Jika dilihat dari segi fungsinya scanner ini mirip seperti
mesin fotocopy. Perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya langsung
dicetak pada kertas sesuai aslinya, tidak dapat ditambah, dikurangi,
dimodifikasi dan tidak dapat disimpan dalam media penyimpanan. Sedangkan
scanner hasilnya langsung ditampilkan melalui monitor, dan hasil
tersebut dapat dilakukan perbaikan atau modifikasi dan dapat disimpan
dalam media penyimpanan.
d. Light Pen
Light pen adalah
pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar
dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat
mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana
layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris
per detik.
e. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan
(input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang
berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian
diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel
pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang
ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk
mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
f. Joy Stick dan Games Paddle
Alat
ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya
berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau
persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan
mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
g. Touchpad
Unit
masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu
dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan
sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang
sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
h. Kamera Digital
Perkembangan
teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input
dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas
gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin
gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital
ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat
membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan
film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera
digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file,
kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital
yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari
jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang
dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
i. Graphics Pads
Teknologi
Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah,
mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads
ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor.
Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan
jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan
tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane
sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah
yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua,
menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa
menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar
pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
* PROSES DEVICE
Otak
sebuah komputer berada pada unit pemrosesan (Process device). Unit
pemrosesan ini dinamakan CPU ( Central Processing Unit ). Fungsi CPU
adalah sebagai pemroses dan pengolah data yang selanjutnya dapat
menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Pada komputer mikro unit
pemrosesan ini disebut denganmicro-processor (pemroses mikro) atau
processor yang berbentuk chip yang terdiri dari ribuan sampai jutaan IC.
Fungsi utama dari CPU bekerja dengan aritmatika dan logika terhadap
data yang terdapat dalam memori atau yang dimasukkan melalui unit
masukkan seperti keyboard, scanner, atau joystick. Kecepatanprocessor
atau CPU ini diukur dengan satuan hitung hertz atau clock cycles. Saat
ini, komputer memiliki kecepatan processor sampai giga hertz. 1 Giga
Herzt sama dengan 1.000.000.000 herzt. Perkembangannyaprocessor yang
pertama kali muncul tahun 1990-an adalah pentium dengan kecepatan 75
Mega Hertz, dan saat ini kecepatannya sudah mencapai 3 Giga Hertz lebih
dengan processor Pentium IV. Seiring dengan kecepatan Pentium IV, telah
pula diperkenalkan processor dengan teknologi mobile yaitu
Centrino(Pentium M – Centrino) jenis processor ini baru terdapat pada
komputer-komputer built up, laptop, notebook. Saat ini, processor yang
terbaru adalah Dual Core (Core Duo). Processor ini memiliki dua
kecepatan giga hertz seperti memiliki dua processor. Beberapa produsen
processor yang terkenal adalah Intel, AMD dan Cyrix. CPU bekerja
berdasarkan instruksi suatu software, atau instruksi suatu program.
a.
ALU ( Arithmetical Logical Unit )Fungsi unit ini adalah untuk melakukan
suatu proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data
matematika dan statistika. ALU terdiri dari register-register untuk
menyimpan informasi. Tugas utama dari ALU adalah melakukan perhitungan
aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
Sirkuit yang digunakan oleh ALU ini disebut dengan adderkarena operasi
yang dilakukan dengan dasar penjumlahan. Tugas lain dari ALU adalah
melakukan keputusan dari operasi sesuai dengan instruksi program yaitu
operasi logika (logical operation). Operasi logika meliputi perbandingan
dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu :
- Sama dengan (=)
- Tidak sama dengan ( <> )
- Kurang dari ( < ) - Kurang atau sama dengan dari ( <= ) - Lebih besar dari ( > )
- Lebih besar atau sama dengan dari ( >= )
b.CU
( Control Unit )Fungsi unit ini adalah untuk melakukan pengontrolan dan
pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut
dikeluarkan (output). Selain itu CU menafsirkan perintah dan
menghasilkan sinyal yang tepat untuk bagian lain dalam sistem komputer.
Unit ini mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah
serta kapan ditampilkan dari program komputer. Bila terdapat instruksi
perhitungan atau logika maka unit ini akan mengirim instruksi tersebut
ke ALU. Dengan demikian tugas dari Control Unit ini adalah :
Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
Mengambil instruksi-instruk dari memori utama
Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses
Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU
Menyimpan hasil proses ke memori utama. Fungsi peralatan yang terdapat dalam CPU dibagi menjadi 3 Macam yaitu :
a.Peralatan Proses ( Process Storage)
Peralatan
Proses adalah alat yang digunakan untuk melakukan suatu pemrosesan
data. Yang termasuk peralatan proses adalah sebagai berikut.
1.)
Processor Alat ini berfungsi sebagai pengolah data, processor merupakan
bagian yang sangat penting dalam komputer. Kehandalan suatu komputer
dapat dilihat dari processor yang digunakannya, misalnya Processor :
Intel Pentium 4, AMD, Centrino dan Core Duo. Semakin tinggi tingkatan
processor-nya semakin baik fungsi komputer tersebut.
2.) Register
Register merupakan jenis memori yang terdapat pada processor dan sebagai
memori internal processor. Register merupakan memori yang mempunyai
kecepatan tinggi 5 sampai 10 kali dibandingkan memori utama. Register
digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh
CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran
untuk diproses masih disimpan di memori utama.
3.) Cache memoriMerupakan memori yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan dikatakan sebagai memori perantara.
4.)
ROM ( Read Only Memory)Memori dalam CPU berfungsi membantu proses kerja
komputer. ROM adalah salah satu memori, mempunyai sifat hanya dapat
dibaca dan tidak bisa diubah dan mempunyai sifat yang permanen atau
tetap (non volatile). ROM mulai berfungsi saat menghidupkan
komputer.Sebagian perintah ROM ini dipindakan juga ke dalam RAM berupa
instruksi atau syntax-syntax. Misalnya, untuk melihat isi file dengan
perintah DIR dan untuk mengecek kapasitas disket atau harddisk dengan
CHKDSK, ROM bersifat tetap atau permanen bila terjadi mati listrik, file
pada ROM tidak akan hilang. Instruksi yang tersimpan dalam ROM disebut
dengan microinstruction atau firmware karena hardware dan software
dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Apabila isi dari ROM hilang atau
rusak maka sistem dari komputer tidak dapat berfungsi, oleh karena itu
pabrik komputer merancang ROM hanya dapat dibaca saja dan tidak dapat
dirubah. Selain ROM terdapat pula jenis ROM yang dapat diprogram kembali
yaitu PROM(Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram
satu kali dan tidak dapat diubah kembali. Kemudian terdapat pula jenis
lain yang disebut dengan EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory)
yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram
kembali berulang-ulang. Dan jenis yang disebut EEPROM (Electrically
Erasable Programmabel Read Only Memory) yang dapat dihapus secara
elektronik dan dapat deprogram kembali.
5.) RAM ( Random Access
Memory )Merupakan jenis jenis memori yang dapat dibaca, diisi, dan
diubah menurut kebutuhan (volatile). RAM mempunyai sifat sementara.
Sifat sementara ini maksudnya adalah jika terjadi mati listrik maka data
yang berada dalam RAM akan hilang. Misalnya, Pada saat anda mengetik
yang ketikan telah sampai dua lembar, tetapi belum disimpan hasilnya ke
dalam disket atau harddisk, hasil ketikan Anda akan berada di dalam RAM.
Bila terjadi mati listrik maka data yang ada di dalam RAM akan hilang,
Struktur RAM dibagi menjadi empat bagian utama, yaitu :
Input Storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan menyimpan hasil pengolahan.
Output
Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data
yang akan ditampilkan ke alat output. Berdasarkan struktur RAM tersebut,
data yang diinput ke dalam sistem komputer akan ditampung ke dalam
input storage, bila data dalam bentuk instruksi program maka akan
dimasukkan ke dalam program storage, dan bila dalam bentuk data dan
hasil pengolahan data maka akan dimasukkan ke working storage, kemudian
sebelum data akan ditampilkan atau output maka akan disimpan ke
dalamoutput storage.
Terdapat beberapa jenis RAM yang beredar dipasaran hingga saat ini yaitu :
1.
FPM DRAM (Fast Page Mode Random Access Memory), RAM yang paling pertama
kali ditancapkan pada slot memori 30 pin mainboard komputer, dimana RAM
ini dapat kita temui pada komputer type 286 dan 386. Memori jenis ini
sudah tidak lagi diproduksi.
2. EDO RAM ( Extended Data Out Random
Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam
membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori
untuk EDO – RAM adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM
yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan
lebih dari 66 Mhz
3. BEDO RAM (Burst EDO RAM), RAM yang merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz.
4.
SD RAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory), RAM jenis ini
memiliki kemampuan setingkat di atas EDO-RAM. Slot memori untuk SD RAM
adalah 168 pin. Bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM).
Memiliki kecepatan di atas 100 MHz.
5. RD RAM (Rambus Dynamic Random
Access Memory). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama
kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori
untuk RD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory
Modul (RIMM). Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.
6. DDR SDRAM (Double
Data Rate Synchronous Dynamic RAM). RAM jenis ini memiliki kecepatan
sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM, dan merupakan RAM
yang banyak beredar saat ini. RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power
listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin, bentuknya adalah
RIMM.
* OUTPUT DEVICE (Alat keluaran)
Output device bisa
diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil
pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu
media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk
penyimpanan data hasil proses. Jenis dan media dari output device yang
dimiliki oleh komputer cukup banyak. Output yang dihasilkan dari
pengolahan data dapat digolongkan ke dalam empat macam bentuk sebagai
berikut.
- Tulisan
- Image
- Suara
Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
Tiga
golongan pertama merupakan output yang digunakan langsung oleh manusia
Unit keluaran antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan
speaker
a.Monitor
Monitor merupakan salah satu jenis output device
yang sangat populer dalam sistem komputer. Secara phisik, monitor
mempunyai bentuk seperti halnya layar televisi dan fungsinya untuk
menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer.
Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun
program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar
atau belum.
Pada umumnya, monitor yang pada saat ini menggunakan
tabung sinar katoda atau cathode ray tube (CRT). Dengan teknik scan-nya
(raster scan technique) bisa dihasilkan gambar pada layar monitor. Sinar
elektron yang dihasilkan akan bergerak secara cepat dan lurus serta
bolak balik dari atas kebawah melintasi bagian belakang monitor yang
dilapisi pospor. Pospor ini akan bersinar apabila ditembus sinar
elektrone tersebut hidup atau mati, sehingga gambar-gambar dapat
dibentuk pada layar monitor.
Begitu banyak dan cepatnya sinar
ataupun spot yang terbentuk dari hasil penembusan sinar elektrone yang
diikuti oleh pembakaran phospor, maka yang nampak dipermukaan seperti
halnya pola huruf Z yang bergerak-gerak. Pola seperti ini disebut
sebagai “raster pattern”
Pada monitor jenis monochrome ataupun
composite, hanya terdapat satu sinar elektrone yang menembus phospor,
sehingga pada monitor jenis ini hanya bisa menampilkan satu warna saja,
yaitu hitam putih atau hijau hitam. Sedangkan untuk monitor berwarna,
terdapat tiga titik yang bisa menghasilkan warna merah, biru dan hijau
jika ditembus oleh sinar elektrone. Koordinasi yang dikendalikan oleh
komputer dalam menembus titik inilah yang menghasilkan gambar berwarna
pada monitor.
- Tipe-tipe monitor yang sudah dikenal adalah.
(1)
CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai
kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna
dalam mode grafis.
(2) EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan
tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu
menampilkan 16 warna dalam mode grafis.
(3) EPGA (Enchanced
Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna
pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA
(4)
VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang
banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan.
Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.
(5) LCD (Liquid Crystal
Display) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan
resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai
jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur
molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan
b. Printer
Printer
adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau
gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.
Perinter berdasarkan alat mekanik atau prose kerjanya yang digunakan,
adalah.
Impact, printer secara bekerja dengan kertas dimana proses
cetaknya dengan menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot
matrix).
Non Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu penyemprotan; dan elektronik pada media cetaknya.
Berdasarkan pekembangan teknologinya :
Pin Dot matrix
Ink jet
Laser
Thermal
Pin
dot matrix diklasifikasikan berdasarkan jumlah pin yang dimiliki oleh
head printer, yaitu 9, 18 dan 24. Transmisi yang digunakan, yaitu
transmisi paralel (byte-by-byte) dan transmisi serial (bit-by-bit
transmission). Metode pencetakan terdiri dari huruf per huruf
(characeter by character), baris per baris (line by line), atau halaman
per halaman (page by page). Secara umum printer yang umum digunakan
terdiri dari tiga jenis, yaitu.
Dot matrix, contohnya Epson LX-300, LX-800, LQ-1170
Inkjet, contohnya Hp Deskjet, Cannon Buble jet
Laser jet, contohnya HP Laser jet 1000, 1010, 1020
c. Plotter
Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
d. Speaker
Speaker
akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan
lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada
saluran pemancar radion online, maka unit keluaran yang diperlukan
adalah speaker.
* VEKTOR DISPLAY
Gambar Vektor tersusun
atas objek garis, kurva, bentukan(shape) dan memiliki atribut seperti :
isian warna, isian tekstur, garis tepi. Atribut objek elemen gambar
vektor dapat diubah ukurannya, bentuknya, warnanya, secara individual
tanpa menurunkan kualitas gambar. Masing - masing objek tersebut
terwujud dari hasil pemetaan koordinat dan persamaan matematis. Maka,
gambar vektor tidak akan “pecah” dan berkurang kualitasnya jika diubah
ukurannya secara keseluruhan.
Contoh gambar vektor adalah ilustrasi, kartun, dan text. Dari uraian itu, gambar vektor bersifat resolution independent.
Contoh
: Jika anda menggunakan Browser Mozilla Firefox coba tekan CTRL +
berkali-kali untuk memperbesar ukuran, maka akan terlihat bahwa Text
tidak mengalami penurunan kualitas Warna, sedangkan objek gambar akan
terlihat kotak-kotak bergerigi bahkan buram.
Warna pada gambar
vektor memang lebih banyak bersifat solid. Gradasi warna(chrome) dan
nada(tone) tidaklah sekaya jika dibandingkan dengan gambar bitmap yang
bersifat photo realistic. Beberapa perangkat lunak pengelola gambar
vektor seperti corelDraw kini telah dapat menyimulasikan transparansi
dan peleburan (blending) antar lapiran elemen gambar(layer).
Beberapa
contoh format gambar vektor adalah : CDR(CorelDraw), AI(Adobe
Illustrator), CMX(Corel Exchange), CMG(Computer Graphic Metafile),
DXF(AutoCAD), dan WMF(Windows Media File).
Metafile adalah format
gambar vektor yang dapat menyimpan elemen bitmap, misalnya isian
tekstur bitmap. Sampai saat ini web masih didominasi format gambar
bitmap. Beberapa format vektor yang mulai banyak didukung dunia web,
misalnya SWF(Adobe Shockware Flash) dan SVG(Scalable Vektor Graphic)
yang berbasis bahasa pemograman XML(eXtensible Markup Language). Kedua
format ini mendukung gambar statis maupun animasi 2 dimensi.
Pengubahan
gambar bitmap ke gambar vektor(tracing) saat ini telah mampu dilakukan
perangkat lunak pengolah gambar vektor seperti CorelDraw, Corel Trace,
Adobe Flash, dan lain-lain. Jika ingin mengkonversi vektor ke
bitmap(rasterisasi), sebaiknya tetap menyimpan format vektornya untuk
mempertahankan kulitas gambar.
* RASTER DISPLAY
Bitmap atau
Raster merupakan gambar yang tersusun dari titik-titik elemen gambar
yang disebut piksel. Masing-masing piksel memiliki informasi warna.
Jumlah kemungkinan warna yang dapat ditampilkan oleh suatu piksel
tergantung pada satuan bit yang dimiliki gambar bitmap tersebut. Gambar
bitmap 8 bit berarti piksel-piksel yang menyusun dapat menampilkan
kemungkinan warna sebanyak 2 pangkat 8, atau 256 warna. Gambar bitmap
dengan resolusi (jumlah piksel setiap satuan ukur) besar, akan terlihat
lebih halus dibandingkan yang memiliki resolusi rendah. Resolusi gambar
bitmap dinyatakan dalam satuan dot per inch(dpi) atau pixel per
inch(ppi).
Foto digital dan gambar hasil pemindaian (scanning) adalah gambar bitmap.
Kadangkala,
kita memindai foto dengan resolusi lumayan tinggi, misalnya 300 dpi
yang sesuai untuk cetakan seukuran majalah. Ketika dilihat dimonitor
komputer, tampak lebih besar karena standar display monitor komputer
adalah 72 dpi atau 96 dpi. Maka dari itu, resolusi gambar bitmap yang
sesuai untuk keperluan display, misal web adalah 72 dpi.
Lain halnya
jika akan kita pergunakan untuk keperluan cetak. Printer memerlukan
resolusi yang cukup untuk menampilkan cetakan gambar yang baik,
tergantung pada ukuran media cetak dan jarak pandang idealnya. Cetak
foto seukuran 10R akan lebih baik jika menggunakan resolusi 300dpi atau
lebih. Lain halnya untuk baliho. Jarak pandang yang jauh, tidak akan
menampakkan piksel yang ukurannya besar - besar karena menggunakan
resolusi rendah, misalnya 50dpi.
Gambar bitmap bersifat
resolution dependent. Artinya ketika kita mengubah ukurannya(resample),
sulit untuk mengendalikan kualitasnya. Jika kita mengecilkan ukurannya,
berarti membuang sebagian pikselnya. Sebaliknya ketika diperbesar
ukurannya(bukan zooming) akan terjadi terjadi penambahan piksel diantara
ruang piksel yang teregang. Piksel - piksel tambahan akan dikalkulasi
agar mirip warnanya dengan piksel disekitarnya. Mekanisme ini disebut
interpolasi.
Pembesaran gambar melebihi kemampuan pikselnya akan mengekibatkan efek garis bergerigi(jagged) pada pinggiran objek.
Beberapa contoh format gambar bitmap adalah : BMP, GIF, PNG, TIFF, JPEG, Targa, PICT(MacOS), PCX, serta PSD.
Format
PNG, GIF, TIFF, PSD, dan PICT mampu merekam informasi transparansi.
Namun GIF hanya mampu menyimpan informasi transparansi 1 bit :
transparan atau tidak sama sekali. Jadi transparansi pada format GIF
tidak bersifat persial atau gradual. GIF juga hanya bisa menyimpan
informasi 256 warna. Untuk mengatasi keterbatasan itulah, format PNG
hadir. Namun, beberapa browser internet gaek belum mendukung format PNG,
sehingga saat ini lebih banyak digunakan untuk keperluan cetak.
sumber: http://elgainggrid.blogspot.com/2013/06/akses-input-output-pendeteksian.html
Blog Tugas
Saturday, 29 June 2013
Akses Input Output Pendeteksian Kebenaran & Pelaksanaan Program
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment